Syamsurizal

頑張れば 難 でも できる

Sintesis Aseton

Sintesis Aseton

Aseton atau 2-propanon merupakan senyawa keton yang paling sederhana, tidak berwarna, mudah menguap dan juga termasuk pelarut organik yang mudah terbakar. Secara alamiah aseton bisa ditemukan pada tumbuh-tumbuhan, dan juga sebagai hasil penguraian metabolisme lemak pada hewan. Aseton juga ada dalam jumlah sangat sedikit pada urin dan darah manusia  tetapi dalam jumlah banyak ditemukan pada penderita diabetes.

Kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak seperti dapat digunakan untuk membersihkan warna kuteks, key board laptop atau komputer yang kotor, bahkan juga utk membuat lantai lebih mengkilap, menghilangkan noda pada cangkir yang terbuat dari porselin, membuat sepatu anda semakin mengkilap, menghilangkan goresan pada kaca jam tangan anda, termasuk membersihkan whiteboard yang sudah kotor karena tinta spidol. Selain itu lazim digunakan sebagai pelarut, bahan dasar plastik dan berbagai produk kosmetik dan obat-obatan. Mengingat kegunaan yang sangat banyak, maka anda perlu mengetahui berbagai cara pembuatannya:

  1. Distilasi kering kalsium asetat:

     2. Terbuat dari asam asetat dengan bantuan katalis mangan(II) karbonat dan dipanaskan pada suhu 110 – 120oC

     3.  Oksidasi alkohol sekunder dalam suasana asam, seperti menggunakan 2-propanol atau isopropanol dengan oksidator kalium khromat :

Updated: April 17, 2019 — 22:54
Syamsurizal © 2019 Frontier Theme